Tuesday, October 26, 2010

catatan kecil sukses menyusui


dalam proses pemberian ASI banyak yang bertanya, makanan apa yang boleh/tidak boleh dikonsumsi, makanan apa yg bisa memperbanyak ASI, gimana caranya supaya sukses ngasi ASI ekslusif...

berikut sedikit catatan kecil sukses menyusui a la mega :

• Asupan makanan BUSUI (ibu menyusui) :
-->Ga ada asupan makanan khusus untuk ibu hamil atau menyusui. Makan aja apapun yang pengen di makan, sejauh itu makanan sehat yaaa…

-->Dokter aku, ga pernah ngasi pantangan makanan selama aku hamil dan menyusui. Selama itu tidak berlebihan, sah-sah aja. Disesuaikan dengan kondisi tubuh masing2 tentunya ya.

--> Selama menyusui, aku berusaha untuk makan makanan yg bergizi. Makan sayur daun katuk SETIAP HARI, banyak makan buah, banyak minum air putih..pokoknya banyak makan lah intinya.

--> Jika perlu doping, aku minum suplemen asi merk-nya MOLOCO B12 tiga kali sehari. Lumayan ngefek sih buat aku.

--> Dokterku ga nyaranin aku minum susu khusus ibu hamil atau ibu menyusui. Minum susu biasa aja sebenernya udh cukup karena kandungan susu pada dasarnya sama. Diferensiasi susu Cuma ada di Indonesia, kalo diluar negeri, ga ada tuh namanya susu ibu hamil..susu ibu menyusui..susu tulang..susu ABG..susu langsing..dlll. yang ada Cuma SUSU SAPI SEGAR CAIR.
Makanya, aku cukup minum susu UHT ULTRAMILK aja…

--> Kalo kata dokterku, susu hamil/menyusui itu ya , udah harganya mahal..rasanya ga enak pula! Jadi mendingan duitnya buat beli sayur, buah, dan makanan yg berkualitas lainnya…

--> Intinya, dalam proses menyusui, banyak tidaknya air susu 80% dipengaruhi oleh PIKIRAN SI IBU. Makanan hanya ngaruh 20% SAJA!!—ini sudah kubuktikan sendiri ya …


Intinya, untuk sukses menyusui, dibutuhkan kerjasama antar 3 pihak. Aku nyebutnya SEGITIGA EMAS.
Yaitu kerjasama antara, Ibu sebagai pabrik susu, Baby sebagai “pembeli” susu, dan Suami sebagai supporter. Jika ketiganya melaksanakan perannya dengan baik, maka menyusui pasti akan sukses.

Pikiran ibu harus selalu tenang, rileks, ga boleh stress atau capek..anak harus sering menyusu langsung ke ibunya (ga pake dot) supaya merangsang produksi asi lebih banyak lagi (hisapan bayi mampu merangsang hormon oksitosin dalam tubuh ibunya, sehingga memerintahkan tubuh untuk memproduksi asi lebih banyak lagi)….ayah/suami harus selalu memberi dukungan kepada istri, terutama ketika menghadapi lingkungan yang kurang mendukung asi.

Inget, SUSU untuk bayi ya ASI. Ga ada susu yang lain. Susu formula berlomba-lomba bikin produknya supaya mendekati asi. Masukin inilah..itulah..tp penelitian sudah membuktikan kalo ga ada yg bisa menandingi kualitas ASI. Heran masih ada ibu-ibu yang ga mau ngasi ASI buat anaknya..:)

semua MAMALIA pasti bisa menyusui anaknya. Belum pernah kan liat kucing beli susu formula buat anak-anaknya?? Padahal anaknya segambreng jumlahnya, tapi si kucing tetap menyusui sambil leyeh-leyeh..ga takut susunya habis atau kurang… masak kita kalah sama kucing??

Oya, satu lagi, peranan BREAST FEEDING FATHER itu sangat penting!! Ya namanya manusia, apalagi habis melahirkan, pasti lah pernah terserang rasa capek, stress, dll..disitulah peran suami buat motivasi istri.. soalnya susah kalo mesti berjuang sendiri (apalagi tinggal dibali, dan dikelilingi oleh keluarga yang ga semua mendukung ASI).

happy breastfeeding, happy pumping..:)

0 comments on "catatan kecil sukses menyusui"

 

rumah budi dauh Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez