Wednesday, March 24, 2010

berkunjung ke panti asuhan


hari minggu kemarin, kita sekeluarga berkunjung ke sebuah panti asuhan Tunas Bangsa di daerah Cipayung.
semuanya berawal dari rencana kita untuk merayakan ulang tahun Nara yg pertama. awalnya ga ada niat untuk bikin perayaan. karena toh Nara sendiri masih belum mengerti mengenai acara ulang tahun. sampai akhirnya tiba2 terbersit ide, "gimana kalo kita ke panti asuhan, ngasi sumbangan. setidaknya kita mencoba memberi arti di ulang tahun pertamanya Nara. setidaknya, nanti ketika Nara sudah bisa mengerti, kita bisa menceritakan kembali bahwa Nara di ulang tahun pertama-nya punya banyak teman-teman baru yang hidupnya kurang beruntung."

akhirnya, ide tersebut segera kita matangkan. aku mulai browsing-browsing untuk mencari panti asuhan yang cocok. akhirnya ketemulah Panti Asuhan Tunas Bangsa di Cipayung. panti suhan khusus anak balita.
karena kebetulan aku ga berhasil menghubungi panti asuhan tersebut, maka hari minggu kemarin, kita langsung datang kesana untuk survey lokasi. ternyata letaknya ga begitu jauh dari rumah kita di cibubur. nyarinya juga ga susah. tinggal bertanya ke orang-orang di sekitar sana.

kondisi fisik panti asuhan Tunas bangsa cukup bagus. parkiran cukup luas, ruang kantor-nya rapi. ada tempat bermain. ada satu aula yang cukup besar. ruangan anak berusia 0-2 tahun di pisah dengan anak yang berusia 3-5 tahun.
sampai disana, kita disambut baik dengan pengurus panti bernama Ibu Rohaya. kita sampaikan maksud kedatangan kita, dan kita pun memperoleh informasi mengenai kemungkinan merayakan ultah di panti tersebut, barang-barang apa saja yang dibutuhkan,dsb. Total anak disana adalah 60 orang. yang bisa diajak merayakan pesta ulang tahun hanya sebanyak 35 orang.
setelah semua info terkumpul, kita pun diajak berkeliling panti. kita ga sempat masuk ke ruang anak 3-5 tahun, karena mereka lagi pada tidur siang.
tapi kita sempat masuk ke ruang bayi 0-2 tahun.
begitu pintu dibuka, ya tuhaannn...hatiku langsung bergetar. anak-anak yang berada didalam ruangan benar-benar diluar dugaanku. mereka cantik dan ganteng serta lucu-lucu..ada kurang lebih 12 orang anak disana. plus 2 orang ibu pengasuh yang sedang sibuk beres-beres.
beberapa anak tampak tertidur pulas di dalam box bayinya. yang lainnya langsung berdiri di pinggir box sambil menggapai-gapai minta di gendong. anak yang berada diluar box (sedang bermain di lantai) langsung berlari mendekati kami, minta digendong. ya Tuhaaaannn...kenapa ada orang yang tega membuang mereka begitu saja. mereka adalah mahkluk mungil yang tidak berdosa.
langsung kugendong satu orang anak bernama Farrel. begitu aku ingin turunkan ia dari gendongan, ia meronta. tidak mau dilepas. hatiku miris, sebegitu rindunya ia akan sentuhan kasih sayang. aku sadar, mereka sangat membutuhkan kasih sayang. walaupun hanya sekedar belaian di kepala saja, mereka senangnya bukan main.

Nara juga tampak senang..langsung mendekati mereka, ngajak main.
sayang mereka semua lagi pada flu. jadi Nara ga bisa dekat-dekat terlalu lama.

ketika kita akan beranjak pulang, sorot mata mereka menunjukkan kesedihan. Farell bahkan menangis ketika diturunkan dari gendongan. fiuhh..
banyak anak dengan hanya 2 orang pengasuh, aku rasa tidak bisa memenuhi kebutuhan akan kasih sayang mereka. bagaimanapun mengurus satu bayi aja sudah capek bukan main. apalagi mengurus banyak bayi, dan bukan anak kandung sendiri pula..wajar kalau anak2 disana dibiarkan mandiri. nangis, tidak akan digendong. tidur pun harus sendiri. aku rasa juga ga mungkin pengasuhnya ngelonin satu-satu..

jujur, itu adalah pengalaman pertamaku berkunjung ke panti asuhan khusus balita. sepanjang perjalanan pulang, pikiranku masih dihiasi oleh wajah dan sorot mata polos anak-anak disana. mereka canntik, ganteng, kulitnya bersih..bahkan Nara jadi anak yang paling hitam disana..hehehe...*ini beneran lho..
mungkin orang tua mereka tidak tau bahwa anak2 yg tidak mereka harapkan menjelma menjadi anak yg lucu dan cakep.

awal april nanti, tanggal 4, kita semua akan kembali lagi kesana untuk merayakan ulang tahun Nara. acaranya bukan pesta. tapi hanya lebih ke memberikan sumbangan saja. kita akan menyumbang Diapers dan susu.
sambil rencananya kita juga akan makan siang bersama disana. 50 box KFC akan kita pesan sebagai menu makan siang.semoga mereka suka ya..

ini foto di ruang anak usia 0-2 tahun. banyak box bayi.
yang di pangku oleh Mbak sum itu yang bernama Farell..

2 comments on "berkunjung ke panti asuhan"

Unknown on July 26, 2013 at 3:17 AM said...

hati saya miris lihatnya..kenapa banyak sekali orang tua yg tega meninggalkan anak begitu saja, padahal untuk melahirkan saja harus dengan perjuangkan hidup dan mati

Amih pooh on February 10, 2016 at 10:16 PM said...

Kasian ya anak2 itu, ya ampun jadi ikutan melow niee... Insyaallah saya pun ada niatan mrayakan ultah my baby boy disana, semoga aja di beri kelancaran.. Biar bisa berbagi dg mreka yg kurang beruntung, mungkin bila my baby boy ga ktemu kami, diapun Akan merasakan di panti,, walopun kami belom di karuniai buah hati, tapi kami Sangat bahagia dengan kehadiran my baby boy (maap ya nama di rahasiakan)

 

rumah budi dauh Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez