Thursday, February 17, 2011

sedikit tentang bingung puting


Tulisan ini dibuat karena banyak yang nanya ke aku apakah Nara pernah bingung puting/nursing strike..
Ini pengalamanku bersama my best teacher of life, Nara. Hope it help :)

Sebenernya aku dulu ga rela nara pake dot. Tapi susah ya kalo baby sitternya ga mau..
Untuk ngasi asip pake sendok/gelas sloki memang butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan. Bukan berarti hal ini ga mungkin dilakukan. Mungkin banget malah. Banyak yang berhasil kok. Caranya salah satunya, ajak si pengasuh sama2 belajar ke klinik laktasi. Nanti disana diajarin pake sendok/gelas. Trus, jangan tunggu sampe bayi lapar...kan udah tau tuh jadwal2 minumnya. Nah sebelum lapar, kasi mimik dulu dikit2..jd dia ga ngamuk2..
Begitu sih katanya...maklum aku ga pernah praktekin cara tersebut. Hehehehe...

Nara pake dot. Aku sadar betul 100% resiko bingung puting didepan mata. Yang perlu dicatat dan di garis bawahi dan di bold : tidak ada satu pun bentuk dot atau merek dot yang bisa menghindarkan bingung puting. Walaupun itu dot bilang anti bingung puting, sangat mirip puting ibu, dll.
Kejadian sama Nara..nara bingung puting di umur 4 bulan. Blas ga mau nenen sama sekali. Disodorin nenen aja langsung nangis kejer, meronta ronta..begitu dikasi dot, langsung diem. Ga ada rasa yg lebih ga enak dari anak yang ga mau nyusu ke ibunya sendiri..hiks..hiks...

Sedih? Pasti! Marah? Sedikit...
Tapi kan itu resiko yg aku udah tau dr awal. Jadi aku ga boleh larut dalam kesedihan..karena aku takut produksi asi malah menurun. Jadi selama 2 bulan penuh aku coba segala cara untuk membuat nara mau nenen lagi. Semua tips yang aku dapet dari milis, google, bahkan dari teman langsung aku praktekin.
Ini beberapa tips yang pernah aku coba praktekkin :

1. Coba nenenin dengan gaya nenen terbang. Sounds weird ya?hahaha..sebenernya ga aneh kok. Jadi, bayi kita gendong pake gendongan yang nyaman sambil di ayun-ayun. Setelah bayi tenang dan ibu siap, perlahan sodorin nenen sambil tetap di ayun-ayun.
HASIL --> sempet mau nenen sebentar, abis itu muntah..mungkin karena efek diayun-ayun kali ya..:( abis itu, ga mau lagi T_T

2. Hentikan pemakaian dot.
HASIL --> ga bisa berhenti 100%. Karena Baby sitter ga mau, dengan alasan tidak tega melihat Nara nangis kejer. Bahkan ketika aku mandi pun, kebetulan Nara nangis, langsung dikasi dot..huhuhuuuuu...

3. Persering skin to skin contact.
HASIL --> cuma bertahan sebentar saja, soalnya Nara ga betah digendong tanpa baju lama-lama..

4. Pulang kantor secapat mungkin. Begitu setengah 6 sore, langsung ngibrit cari bus untuk pulang. Dijalan, aku telp kerumah, minta supaya nara jangan di bobo'in dan jangan di beri susu. Tunggu sampai aku sampai rumah. Karena aku mau nyusuin nara langsung.
HASIL --> kadang berhasil..kadang si mbak ga tega liat Nara nangis..

5. Keluarkan jurus pamungkas : Jurus TEGA.
buat anak tidak mempunyai pilihan lain selain nenen sama ibunya. Tidak ada dot. Mau nangis sampe suara habis pun tetap tidak diberikan dot. Asal, dijaga disekitarnya tidak ada benda-benda yang bisa melukainya.
HASIL --> sedikit menunjukkan hasil. Awalnya Nara nangis kejer. Tapi perlahan aku bilangin, aku kasi pengertian dengan nada yang lembut, bahwa kalo mimik susu harus sama ibu. Sempat tidak tega. Tapi aku tahu, ini semua untuk kebaikan kita semua.

Akhirnya, dibulan ketiga, saat lagi santai, iseng aku nyodorin nenen ke Nara. Daaaann....hap! Amazing...nara langsung mau nenen lagi...
Seneng banget rasanya...!!!

Mulai saat itu aku semakin rajin nenenin nara, sambil perlahan2 ngajarin nara minum pake sedotan. Baby sitter sempet ga mau. jadi Mau ga mau pas sabtu-minggu, aku yang turun langsung ngajarin...

Akhirnya di bulan ke 8, nara udah bisa minum pake sedotan..:))

Bingung puting. Memang kondisi yang sering dialami oleh ibu bekerja.
Tapi dengan usaha yang maksimal, si Ibu tetap tenang, lingkungan sekitar mendukung, maka bukan ga mungkin bingung puting bisa sembuh.

it's the art of breastfeeding...enjoy!

2 comments on "sedikit tentang bingung puting"

nn on September 29, 2012 at 8:51 PM said...

saya mau tanya mbak, berapa lama pemberlakuan antara 'jurus tega' sampai Nara bisa menyusu?

nn on September 29, 2012 at 8:58 PM said...

saya mau tanya mbak, berapa lama pemberlakuan antara 'jurus tega' sampai Nara bisa menyusu?

 

rumah budi dauh Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez